contoh essay makam agung arosbaya bangkalan


SEKILAS TENTANG MAKAM AGUNG
                                     
Makam agung di kabupaten bangkalan menjadi tempat pemakaman orang-orang hebat dari masa lalu, makam agung dipercaya mampu mendatangkan berbagai berkah. Bagi para peziarah, wilayah arosbaya di kabupaten bangkalan , menjadi tujuan wisata ziarah pulau Madura yang tak boleh terlewatkan. Selain komplek aer mata yang sudah sangat terkenal, di wilayah kecamatan ini juga terdapat makan keramat lainnya, makam agung. Di komplek pemakaman ini, dimakamkan tiga raja yang pernah memerintah bangkalan. Mereka adalah kyai pragalba alias pangeran onggu’, kyai pratanu atau penambahan lemah duwur, dan raden koro alias pangeran tengah.
Kekuasaan tiga orang tersebut berada dalam rentang waktu antara 1531 sampai 1620 masehi. Sebuah masa yang sudah sangat lama, sama tua-nya dengan sejarah masuknya islam di Madura. Nisan-nisan berbahan batu putih yang terlihat kekunoannya, menjadi saksi ketuaan masa saat kyai pragalba berkuasa, adalah anak kelima dari ki demung plakaran, pendiri kraton plakaran. Semasa kekuasaan pragalba, agama islam yang dibawa para ulama yang dari gresik, mulai menyebar di Madura barat. Pratanu, putra pragalba dari istri ketiga, lebih dulu masuk islam yang peristiwanya di tandai CANDRA SENGKALA SIRNA PANDAWA KARTANING NAGARA.
Baru menjelang wafat, pragalba baru mau masuk islam. Itupun hanya dengan menganggukkan kepalanya saja, sehingga kemudian dikenal sebagai pangeran Onggu’ (mengangguk). Pratanu kemudian, menggantikan ayahnya berkuasa dengan gelar penambahan lemah duwur. Di masanya, pusat pemerintahan plakaran dipindah ke arosbaya hingga disebut pendiri kerajaan arosbaya. Dia juga mendirikan kraton dan masjid pertama di arosbaya. Penambahan lemah duwur berhasil meluaskan daerah kekuasaannya hingga ke seluruh Madura barat, termasuk sampan dan blega. Penambahan lemah duwur wafat di arosbaya pada 1592 M seusai berkunjung ke penambahan ronggo sukowti, pamekasan. Selanjutnya kekuasaan dipegang oleh putra hasil perkawinannya dengan putrid pajang, raden koro atau pangeran tengah.
Menjadi tempat pemakaman orang-orang hebat dari masa lalu, tak salah bila makam agung dipercaya oleh sebagian kalangan mampu mendatangkan berbagai berkah. “Banyak yang datang kesini, mulai yang ingin naik pangkat, dapat jabatan, hingga sukses berbisnis”, jelas mat nari, juru kunci makam agung arosbaya.
Menurut juru kunci berumur 61 tahun yang sudah menjabat sejak 1992 itu, banyak pula ulama dan santri datang ke makam agung.  Sebagai makam orang-orang hebat yang diyakini kekeramatannya, di makam agung sering terjadi peristiwa-peristiwa spiritual. Ada yang yang pernah cerita didatangi ular dan macan besar, pernah pula terjadi gempa, siang tiba-tiba menjadi gelap gulita dan hujan besar, padahal diluar tidak terjadi apa-apa.

                                                                                                         By: Ahmad Fauzi
                        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - Macam Pukulan Dalam Pencak Silat Dan Cara Melakukannya

makalah sosiolinguistik kebijakan dan perencanaan bahasa

Macam macam Tendangan Dalam Pencak Silat